3 Nov 2010

TENGAH KOTA


Nama Jago sebenarnya berasal dari kata Jajaghu yang artinya keagungan. Namun masyarakat lebih sering menyebutnya dengan nama Candi Jagoyang terletak di desa Jago kecamatan Tumpang Kabupaten Malang atau 22 KM ke arah timur pusat kota Malang dan melewati Bandara Abdul Rahman Saleh.
Candi Jago berdiri dekat dengan pemukiman penduduk setempat yang hanya dibatasi oleh pagar besi mengelilingi Candi Jago. Jalur ini sering dilintasi masyarakat setempat karena lokasi candi Jago ini dekat dengan pasar Tumpang.
Candi Jago merupakan candi peninggalan dari masa kerajaan Singhasari dimana Candi Jago ini di percaya sebagai tempat penguburan abu jenazah Raja Singhasari ke-4, Raja Wisnuwardhana. Relief-relief yang ada di candi Jago ini masih tampak terlihat masih bagus.
Untuk mengunjungi candi Jago ini bisa menggunakan tranportasi angkutan kota dari terminal Arjosari apabila anda naik bus dari kota Surabaya. Pilih angkutan kota dengan label TA (Tumpang-Arjosari) warna angkutan kota tersebut berwarna putih dengan tujuan atau turun di Pasar Tumpang.
Setelah tiba di pasar Tumpang, sebaiknya anda berjalan kaki menyusuri jalan aspal sekitar 200 meter di belakang pasar Tumpang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar